Kata itu terdengar lagi. Sebuah kata yang asalnya membuatku senang, merasa diterima dan berguna, yang selalu ingin ku dengar terucap dari mulut siapa saja. Sebuah kata yang sekarang menyadarkanku betapa kosongnya arti diriku dimata orang, yang menyadarkan ku betapa kesamaan kadang mengintimidasi, dan membangunkanku dari kejayaan masa lalu.

Kadang aku malu pada diri sendiri. Malu untuk menerima kenyataan bahwa aku tidak seberarti itu lagi.

Aku terkadang marah pada kenyataan bahwa aku telah ‘tersingkir dan diganti’ melalui seleksi alam.

Lalu aku malu lagi, malu karena marah kepada ketidakmampuan diri untuk bertahan. Malu juga karena menyadari bahwa kemampuan ‘alamiah’ku hanya pada batas ini. Batas yang menghabiskan akumulasi energi yang didapat dari 2 hari bermeditasi dalam sepi, tapi masih saja tergeser posisinya oleh yang tak terlihat kesulitan untuk mendapat energinya.

Seiring berjalannya waktu, aku sadar bagaimana sebenarnya kehidupan bertambah keras menerjang melawan diri. Aku sadar, kemampuanku yang dulu masih membuatku setidaknya berada di posisi tengah; sekarang bahkan tak sanggup membuatku setidaknya tetap berposisi. Aku juga membuka mata bahwa di dunia ini, banyak orang yang lebih superior dan gagah dibandingkan aku.

Tapi bagaimanapun, aku sudah terjebak. Aku tak bisa lari kemana-mana. Karena setiap berlari, selalu ada kaca pembatas yang membatasi kenyataan dan fantasi, keadaan dan ekspektasi.

Aku tak dapat mengubah diri, karena merubah diri berarti mengubah jiwa. Dan aku bukan pemilik jiwa, hanya pengemudi raga. Tak ada kuasa untuk mengubah apa pun. Hanya bisa menunggu sampai waktu datang menjemputku keluar dari neraka dunia. Menunggu dengan sabarnya dalam cangkang kesendirian. Menunggu….sampai penantian berakhir.

Leave a Reply

